Jawa Barat Ideal Untuk Koperasi Dapat Tumbuh Dan Berkembang


Koperasi tumbuh di beberapa Negara termasuk di Negara Indonesia, akan tetapi Koperasi di Negara kita sedikit sulit untuk berkembang padahal idealnya Koperasi dapat tumbuh dan berkembang di Negara kita karena sesuai dengan kultur sosial di Negara kita. Persoalan pertama menurut saya adalah hilangnya modal sosial dalam koperasi. Berangkat dari pemikiran bahwa koperasi tumbuh karena kultur sosial yang kental seharusnya koperasi mudah beradaptasi dengan transformasi sederhana tetapi ternyata transisi ini gagal, koperasi kehilangan ruh sosial ekonomi ketika sudah terbentuk pada akhirnya “kebersamaan” hanya dalam konteks jumlah bukan kerja.

Point diatas terjadi karena minimnya kapabilitas membangun kerjasama. Anggota koperasi gagal membangun kepercayaan antar stake holder dan tidak mampu bekerjasama pada akhinya proses kerja sama sekali tidak optimal. Kecerdasan kelompok inilah yang tidak dimiliki oleh koperasi. Persoalan kedua adalah minimnya daya tarik ekonomi dan sosial dari kelembagaan koperasi. Adalah fitrah manusia untuk melakukan sesuatu berdasarkan dorongan atau ketertarikan, coba anda lihat berapa banyak orang yang berbondong2 masuk koperasi langit biru karena iming-iming keuntungan yang tidak logis. Maksud saya adalah koperasi harus mempunyai bargaining ekonomi dan sosial. dari segi ekonomi koperasi tidak menarik karena tidak bisa memberikan nilai tambah ekonomi. dari segi sosial koperasi tidak menarik karena bukan komunitas solid.


Jawa Barat yaitu salah satu provinsi yang cukup berpotensi Koperasi dipandang dari kekayaan alam dan potensi human dari tiap-tiap kota dan kabupatennya, akan melainkan tak dapat di pungkiri masih ada PR yang tak sedikit untuk membangun Provinsi yang potensial ini. Ketimpangan tingkat kesejahteraan memang salah satu dari PR di Provinsi ini. Hal ini tak langsung membikin Pemerintah kehilangan arah untuk meminimalisir PR ketidakseimbangan kesejahteraan ini. Aksi nyata dari tindakan dan realisasi program Pemerintah Provinsi ini dengan mencetak Wirausaha baru di tanah pasundan, dengan sasaran 100.000 wirausaha baru akan tercetak pada tahun 2018.

Pemerintah memang memiliki program, akan melainkan tanpa ada sinergi dengan beraneka unsur masyarakat yang ada maka program sebagus apapun itu akan hanya menjadi program saja. Untuk hal itu di tahun 2015 untuk mendorong program hal yang demikian, beraneka unsur masyarakat bergabung untuk menyusun wadah bagi pelaku usaha yang di utamakan hasil dari binaan Pemerintah dengan program Wirausaha barunya. 03 April 2016, Gubernur Jawa Barat melaunching Koperasi Wirausaha Baru Jawa Barat Sejahtera (WJS). Koperasi ini murni otonom (tak di kelola Pemerintah), dan pengurus dari koperasi ini juga yaitu tamatan dari pencetakan Wirausaha Baru Jawa Barat.

Berdasarkan Kuswandi Taufik Ketua Umum Koperasi WJS jangka waktu 2016-2019, Koperasi yaitu wadah yang teapt untuk membangun ekonomi, dimana pelaku usaha dapat meningkatkan kwalitas dan kuantitas produknya sehingga dapat berkompetisi dengan usaha berskala besar. Koperasi tepat intuk Wirausaha, bagimana kita dapat berkompetisi dengan pengusaha besar jika peningkatan kwalitas dan kuantitas produk tak maksimal di upayakan meningkat. Dengan Koperasi di harapkan terjadi percepatan peningkatan kwalitas produk dan kuantitasnya, sesudah itu kita upayakan membuka jalan masuk pemasarannya” ujar Taufik, Bandung (31-12-2016)

Berdasarkan Taufik, satu tahun kini yaitu satu tahun kritis wadah untuk pengusaha ini. sasaran saya 2017 Koperasi wjs tak hanya memberikan Benefit/manfaat, melainkan juga dapat memberikan keuntungan/pendapatan secara maksimal untuk seluruh anggotanya. Dengan menjalankan asas dan prinsip Koperasi dari hulu ke hilir saya optimis Koperasi ini dapat berkembang.” Ujarnya. Jawa Barat potensinya besar, Sumber daya alam yang kaya. Harus dipandang dari letak geografis, Koperasi di tanah pasundan ini dapat berkembang dan menjadi model bagi wilayah lainnya. Bagimana tak, jika di lihat dari sejarah, Koperasi 69 tahun silam lahir kan di tanah pasundan yah semoga saja besar dan berkembangnya di tanah pasundan juga.” Ujarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Marketing Plan 2018

Semua Pasti Berawal Dari Rencana